5 Fakta Tentang Alun-Alun Lumajang yang Harus Kamu Tahu

Alun Alun Lumajang – Apabila kamu pernah main-main ke Lumajang atau bahkan kamu sendiri orang asli Lumajang. Landmark Alun-Alun Lumajang yang kian cantik paska direnovasi tentu masih terekam diingatanmu. Akan tetapi ada hal lain yang tidak kalah menarik untuk menambah wawasanmu perihal salah satu Alun-Alun terbaik di Jawa Timur ini.

Air Mancur Menari

alun alun lumajang jatim
youtube.com

Alun-alun Lumajang kian memikat masyarakat, mereka rela sejenak menanti demi menyaksikan atraksi air mancur menari setelah dibuka oleh Bupati Lumajang, Bapak As’at Malik pada momen pergantian tahun.

Nah, kalau kamu perhatikan, para pengunjung biasa duduk-duduk sembari  melihat air mancur dari dekat, dan tentu para karib kerabat ikut nimbrung sembari mengambil gambar dan bercengkerama dengan pengunjung lainnya.

Ada sekira 5 air mancur yang ada dikawasan alun-alun dan dihidupkan sejak pukul 18-00 WIB, kemudian dimatikan oleh petugas pada jam 21.00 WIB. Frekuensi warga yang datang nampak warga berkumpul sejak sore untuk melihat atraksi itu.

Mahar Nyaris 7 Miliar

alun alun lumajang 2017
youtube.com

Alun-alun Lumajang memang bukan lagi menjadi ikon, melainkan sudah menjadi kebanggan masyarakat Lumajang.  Kita patut memberi apresiasi kepada peran para jajaran birokrat yang begitu optimal (keprok-keprok) mengingat keseriusan mempermak Alun-Alun Lumajang supaya lebih eye catching dan menjadi wadah kondusif berkumpulnya seluruh lapisan masyarakat.

Renovasi Alun-alun dengan adanya air mancur menari memakan dana APBD 2016 sekitar Rp 6,4 Milyar. Hasilnya bisa dibilang sepadan dengan biaya yang dikeluarkan. Apalagi salah satu portal media online menempatkan Alun-Alun Lumajang sebagai salah satu yang terbaik di negeri ini.

Alun Alun Lumajang Sebagai Ruang Terbuka Hijau

alun alun lumajang kece
wikimapia.com

Dilansir dari laman Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kabupaten Lumajang berupaya mewujudkan “Lumajang berseri”. Dua kata sederhana yang mempunyai makna mendalam.  Ada tanggung jawab besar di dalamnya, tentunya karena ini amanah. Untuk mewujudkannya, Pemerintah sangat membutuhkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat seperti tidak mencorat-coret segala infrastruktur yang menelan biaya tidak sedikit.

Karena pemerintah mema sudah berkomitmen merealisasikan visi yaitu, “Terwujudnya Lumajang yang Hijau, Bersih, Sehat, Rapi, Indah sehingga nyaman untuk dihuni.”  Salah satu yang telah dilakukan adalah berupaya meningkatkan Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau.

Kawasan Ramah Anak

alun alun lumajang keren

Pasca direnovasinya Alun-Alun Kabupaten Lumajang sontak membuat suasana Alun-Alun semakin guyub. Disamping berfungsi sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH), saat ini Alun-Alun menjadi salah satu objek wisata yang murah dan ramah bagi anak.

Hal ini terlihat hampir setiap hari, misalnya saja di pagi hari ketika anak-anak Sekolah Dasar (SD) melakukan aktifitas olahraga di Alun-Alun. Raut wajah polos nan ceria kala mereka begitu leluasa bermain sepatu roda, perosotan, sepak bola dan tentunya air mancur menari yang ada di depan Pendopo Lumajang.

Alun Alun Lumajang Simbol Keserasian

alun alun lumajang apik
senuju.com

Luas wilayah Lumajang 1.790,90 km² atau 1.790.900.000 m2. Sedangkan Pengelolaan RTH di Lumajang masih 51.356,7 m2 dengan rincian taman kota sebesar 43.069 m2  dan taman luar kota sebesar 7750 m2, salah satunya Alun-alun Lumajang

Ruang Terbuka Hijau yang  ada di Lumajang terbagi dua yaitu taman kota dan taman luar kota. Berikut Ruang Terbuka Hijau yang berupa taman  di kota Lumajang diantaranya:
1.    Taman Alun Alun Lumajang
2.    Taman Nasional
3.    Taman Imam Bonjol
4.    Taman Adipura
5.    Taman Tugu Pancasila

Dengan menjamurnya taman-taman kota diharapkan mampu mendompleng kualitas lingkungan hidup, menciptakan keserasian  alam dan lingkungan binaan yang maslahah bagi kepentingan masyarakat.

Saat ini Ruang Terbuka Hijau yang ada di Lumajang seperti Alun-Alun, Taman Embong Kembar, Taman Toga, Taman Mini Pasirian tidak hanya sebagai fungsi ekologis, namun juga wadah berinteraksi yang rekreatif.

1 thought on “5 Fakta Tentang Alun-Alun Lumajang yang Harus Kamu Tahu

Leave a Comment