lgbt di indonesia

Pengertian LGBT, Sejarah, dan Cara Pencegahannya

Begitu akrab di telinga kita pasca begitu banyak orang yang gemar menyoal LBGT. LGBT merupakan singkatan dari Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender. Bahkan, musibah semacam ini kian berkembang menjadi  LGBTQ atau LGBTI, huruf Q untuk Queer dan I untuk interseks. Selain nama-nama tersebut pasti kita juga pernah dengar istilah transeksual, shemale, transvestite, crossdresser, transman, transwoman dan drag queen Di negara indonesia sendiri juga banyak istilah untuk menyebut mereka, baik dalam bahasa indonesia atau bahasa daerah.

Pengertian LGBT

lgbt di indonesia
nationandstate.blogspot.com

Obrolan perihal LGBT perlu bahasan mendasar dahulu antara Gender atau kelamin dan orientasi seks. Kelamin atau gender pada umumnya dibedakan dalam 2 jenis yaitu pria dan wanita, meskipun ada manusia yang terlahir dengan kelamin ganda tetapi campur tangan medis biasanya akan mempertegas bentuk kelaminnya menjadi laki-laki atau perempuan seteleh melalui beberapa tes medis, walaupun sering sekali terjadi kekeliruan yang menyebabkan orang tersebut mengalami gender disorder.

Orientasi seksual sendiri berdasar adanya kecenderungan minat seksual seseorang terhadap orang lain. Orientasi seksual dipilah menjadi homoseksual (suka dengan sesama jenis kelamin), heteroseksual (suka dengan lawan jenis kelamin) dan Biseksual (suka dengan 2 jenis kelamin). Jadi sebenarnya ada perbedaan besar antara gender dan seksualitas. Ada yang mengatakan “gender is between your ears and sex is between your legs”. Spektrum seksualitas itu besar sekali, kadang sampai di luar pola pikir manusia arus utama.

Indonesia Gay

apa itu lgbt
ted.com

Apabila ditinjau dari kacamata medis sendiri, para psikolog dan psikiater memiliki buku panduan yang bernama Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder (DSM) untuk menentukan kondisi kejiwaan seseorang termasuk dalam topik perihal LGBT. Buku ini sendiri memiliki ragam perubahan.

Homoseksualitas bisa dikategorikan menjadi dua yaitu Lesbian dan Gay. Arti dari Lesbian sendiri merupakan orientasi seksual yang mana seorang perempuan mempunyai kesukaan seksual terhadap perempuan.

Sedangkan gay adalah orientasi seksual yang mana seorang laki-laki mempunyai kesukaan terhadap laki-laki.  Sering kali julukan homo diberikan kepada para gay, padahal homo yang berasal dari kata homoseksual sebenarnya juga merupakan orientasi seksual para lesbian.

Biseksual adalah sebuah orientasi seksual yang mana orang tersebut mempunyai kesukaan seksual terhadap 2 jenis kelamin, perempuan dan laki-laki. Saya sendiri masih percaya bahwa setiap manusia itu biseksual dengan kadarnya masing-masing.  Jadi Lesbian, Gay dan Biseksual adalah orientasi seksual.

Lesbian Indonesia

indo lesbi
ayolebihbaik.com

Transgender sendiri sebenarnya tidak mempunyai kategori yang sama seperti LGB yang merupakan orientasi seksual karena transgender adalah sebuah kelainan di mana seseorang merasa bahwa gender yang dia punya secara fisik tidak cocok dengan gender yang dia rasakan.

Sering ada istilah “trapped in the wrong body” atau terperangkap dalam tubuh yang salah. Dalam transgender sendiri ada istilah transgender women atau transwoman dan transgender man atau transman. Transgender yaitu istilah bagi seorang laki-laki yang sadar bahwa secara kejiwaan dia adalah seorang perempuan. Transgender man adalah istilah seorang perempuan yang sadar bahwa secara kejiwaan dia adalah seorang laki-laki. Kemudian, Transeksual bermakna laki-laki atau perempuan yang sudah mengubah kelamin mereka.

Belakangan mencuat istilah shemale, yaitu sebuah sebutan yang dalam bahasa indonesia senafas dengan istilah waria. Belum lagi perkara semacam bentuk dukungan kepada kaum Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) dari Mark Zuckerberg sang pendiri Facebook yang mengeluarkan aplikasi pengubah tampilan foto profil menjadi berwarna-warni. Padahal sesungguhnya warna-warni pelangi merupakan identitas dari bendera LGBT.

Warna Pelangi

biseksual
sbs.com.au

Sejarahnya, bendera ini dirancang oleh seorang seniman asal San Fransisco bernama Gilbert Baker pada tahun 1978. Ide ini muncul ketika seorang gay bernama Harvey Milk meminta Baker membuat bendera untuk gerakan dukungan hak-hak gay dalam parade kota. Baker sendiri ketika membuatkan bendera tersebut dibantu 30 orang untuk mewarnai dan menjahit bersama. Warna pelangi dipilihnya sebagai pilihan yang jelas. Ia menyebut warna pelangi sebagai bagian dari magis alam dan keindahan.

Bendera asli memiliki delapan garis masing-masing pink, merah, oranye, kuning, hijau, biru kehijauan, nila dan ungu akhirnya selesai dibuat. Baker menyebut arti untuk setiap warna misalnya, jeruk diwakili penyembuhan dan pink mewakili seksualitas. Dia kemudian mengolah lebih banyak pada salah satu perusahaan bendera di San Francisco. Parade mengibarkan bendera pelangi di San Francisco merupakan kebanggaan setiap tahun dan segera menjadi simbol untuk acara tersebut.

Seiring bergulirnya waktu, bendera menjadi ikon global. Medio tahun 1986 bendera ini divonis legal oleh Asosiasi Bendera Internasional sebagai simbol LGBT. Desain ini bahkan juga telah diadopsi sebagai bendera resmi untuk komunitas gay dan lesbian di Kerajaan Coral Sea Islands, sekelompok kecil di pulau yang resmi dinyatakan sebagai republik pada tahun 2004.

Baker membuat dua versi bendera pelangi. Pertama versi delapan warna, sementara yang kedua menghilangkan warna pink. Namun sekarang  yang paling terkenal adalah enam garis dengan dihapusnya juga warna biru kehijauan agar memiliki garis yang sama rata.

Biseksual

biseksual
pixabay.com

Biseksual merupakan  suatu keadaan di mana seseorang menyukai laki-laki dan wanita. seseorang yang memiliki kelainan seks seperti ini cenderung memposisikan mereka sebagai lesbian atau seorang gay kepada publik. Hal ini yang menyebabkan masyarakat sulit untuk membedakan antara biseksual dengan homoseksual atau lesbian.

Relatif susah mengetahui apakah mereka biseksual atau tidak kecuali jika ada seseorang yang memberitahu kamu. Atau bahkan kamu bisa mengetahui mereka adalah biseksual dengan melakukan penelitian ke pada grup atau komunitas biseksual.

Kisah Nabi Luth

kisah nabi luth
pixabya.com

Kaitan dengan LGBT yang demikian populer bijaksana pergi ke negeri sadum yang penduduknya sangat durhaka kepada Allah. Sadum adalah bangsa yang tidak minder untuk melakukan kejahatan, merampok, membunuh sesama, menganiaya, sehingga tidak ada yang berani ke negeri tersebut

Masyarakat Sadum pada masanya begitu jauh dari nilai kemanusiaan yang beradab. Kemaksiaatan dan kemungkaran merajalela dalam pergumulan hidup mereka. pencurian dan perampasan harta milik merupakan kejadian hari-hari di mana yang kuat menjadi kuasa sedang yang lemah menjadi korban penidasan dan perlakuan sewenang-wenang. Maksiat yang paling menonjol adalah perbuatan hom*o*sek di kalangan lelakinya dan les*bian di kalangan wanitanya. Kedua jenis kemungkaran ini begitu merajalela di dalam masyarakat sehingga merupakan suatu tradisi kaum sadum.

Kini cabang LGBT kian menggurita, bahkan orang yang meprotes dinilai abnormal. Seperti anggapan bahwa banyak sekali orang salah mengartikan istilah seperti Transvette yang merupakan istilah untuk seseorang yang suka dan secara sering mengenakan pakaian lawan jenis mereka. Kegemaran ini menjangkiti mereka sehingga membawa dorongan seksual tersendiri untuk mereka. Dalam transvestite sendiri spektrum seks mereka luas, ada yang heteroseksual, homoseksual, biseksual ataupun aseksual (tidak tertarik dengan seks sama sekali).

LGBT Indonesia

lgbt indonesia
pixabay.com

Sedangkan crossdesser adalah seseorang yang memakai pakaian yang umumnya dipakai oleh lawan jenis kelamin mereka. Perilaku ini dilakukan  baik dalam kehidupan sehari-hari atau hanya pada kesempatan tertentu saja, tetapi dilatar belakangi oleh alasan-alasan tertentu. Perbedaannya dengan transvestite adalah dalam hal seksualitas mereka. Sebuah pakaian cenderung tidak memberikan stimulus seksualitas kepada seorang crossdresser.

Draq queen adalah istilah untuk seorang laki-laki yang mengenakan pakaian seorang perempuan dalam sebuah pertunjukkan seni menyanyi baik menggunakan suaranya sendiri ataupun suara penyanyi. Sering disebut dengan seni playback atau lipsync.

Memang seperti halnya pelangi, dalam urusan gender dan seksualitas spektrumnya sangat luas dan bermacam-macam seperti pelangi, bahkan lebih kompleks dari yang kita bayangkan. Secara lebih luas teman-teman bisa baca-baca lagi di halaman-halaman lainya di situs ini.

Belakangan forum LGBT di Indonesia bersama dengan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) meminta kepada masyarakat, khususnya Pemerintah Indonesia, untuk tidak ada perlakuan diskriminatif dalam berbagai hal. Ia menyayangkan kehadiran pemerintah yang tidak dalam rangka melindungi hak warga negara. Ia berharap bisa mendapatkan hak yang sama seperti warga lainnya, terutama hak pendidikan.

Solusi LGBT

lgbt indonesia
ielts-up.com

Dikala kampanye para pegiat LGBT kian gencar, sangat penting bagi kita menyadari bagaimana pola asuh anak yang benar untuk mencegah terjadinya wabah penyakit tersebut di kalangan anak-anak kita. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut pada anak-anaknya:

Monitoring Pergaulan Anak

Bagi anak perempuan, jangan dibiasakan berteman dengan anak  laki-laki secara intens. Hal ini akan berpengaruh pada anak untuk berperilaku dan berpenampilan layaknya laki-laki. Jika misalnya dalam satu keluarga anak perempuan Anda hanya satu orang dan dominannya adalah laki-laki, maka para ibu harus mengambil peran yang lebih besar terhadap pengasuhan sang anak perempuan.

Terlebih dalam satu keluarga dan bertemu setiap hari. Kelalaian ibu membiarkan anak perempuannya bermain dengan saudara laki-laki yang banyak dan dominan akan memberikan efek psikologis yang kurang baik. Begitupun sebaliknya jika di dalam keluarga tersebut yang dominan adalah wanita dan anak pria hanya satu orang saja, maka ayah lah yang harus selalu dekat dengan anak lelakinya.

Mengajak Anak Mengikuti Seminar LGBT

Anak –anak usia remaja sudah bisa dipahamkan melalui kegiatan formal seperti seminar dan sejenisnya. Oleh karena itu ajak dan damping putra putri Anda untuk mengikuti berbagai kajiannya. Setidaknya semakin banyak yang tahu  bagaimana bahaya dan akibatnya dari LGBT tersebut. Dewasa ini mulai menjamur forum maupun  seminar yang menjelaskan tentang bahaya LGBT tersebut. Berkat peran aktif  Anda mendampingi putera puteri Anda akan membuat mereka lebih semangat dan memahami apa yang mereka saksikan dan dengarkan dalam kajian. Harapannya, mereka akan lebih mudah paham dan mengetahui bahayanya.

Menghindari Pornografi Anak

Tidak bisa disangkal, penularan LGBT selalu identik dengan hal-hal yang sifatnya pornografi. Butuh penanganan tepat guna, harapannya Anda harus lebih dulu menjaga anak Anda dari hal ini. Pornografi pada anak bisa berkembang melalui pergaulan sesama anak yang kurang baik, melalui teknologi seperti televisi, gadget, games dan sebagainya. Sebagai pilar perdana Anda harus mampu mengontrol penggunaan teknologi pada anak sehingga tidak salah gunakan.

Pendidikan Seksual Pada Anak

Jangan canggung menjelaskan masalah seksual pada anak. Anda bisa menjelaskan kepada  anak-anak tentang seksual yang normal dan tidak normal. Ingatkan anak-anak agar tidak terjebak pada pornografi selama dalam pergaulan. Jelaskan fungsi-fungsi organ seksual dan akibatnya bila digunakan. Anda bisa lakukan secara bertahap sesuai tumbuh kembang anak sehingga ketika mereka melihat sesuatu yang tidak normal, mereka akan tahu bahwasannya hal itu tidak baik dan menyalahi norma maupun agama.

Memberikan Pemahaman Keagamaan

Didiklah anak-anak Anda dengan nilai-nilai norma agama yang kuat. Inilah yang akan membantu anak-anak Anda bisa lebih kuat dari masalah pornografi, LGBT dan keburukan-keburukan akhlak lainnya. Sedini mungkin harus ditanamkan nilai-nilai keagamaan pada anak. Bahkan sejak dari alam kandungan, anak-anak harus diajak mengenal Allah sehingga ketika lahir tak sulit baginya untuk mengulang pelajaran apa yang telah disampaikan ibunya selama dalam alam kandungan.

Waspada LGBT sejak dini karena hal ini bisa ditularkan pada putera puteri Anda. Upayakan agar Anda senantiasa mengawasi pergaulan anak untuk bisa berteman dengan anak-anak secara  baik. Anda harus tegas dan bisa memahamkan anak-anak tentang bahaya LGBT tersebut. Serta yang paling penting, jelaskan kepada mereka tentang bencana azab yang akan didapatkan para pelaku LGBT baik di dunia maupun di akhirat.

 

Leave a Comment