contoh proposal skripsi

Contoh Proposal Skripsi | Disertai Penjelasan, Cara Membuat dan Video “Menegangkan”

Kamu lagi sumpek sama skripsi? Temen-temenmu sudah pada lulus sedangkan kamu masih gentayangan di kampus? Jangan dipikirkan, karena  skripsi itu dikerjakan. Sebelum menapaki jenjang persidangan, kamu harus berusaha dulu meyakinkan pembimbing terhadap proposal skripsimu.

Semua calon sarjana pasti harus  mempersiapkan proposal skripsi untuk diajukan kepada dosen pembimbing. Tapi kadang skripsi seolah menjadi nightmare yang menakutkan untuk para mahasiswa, terutama pada saat sidang ataupun takut salah pada saat menyusun skripsi.

Skripsi merupakan buah dari karya ilmiah dan merupakan tugas wajib mahasiswa semester  tua akhir. Dalam menyusun skripsi setiap kampus mempunyai corak  masing-masing, sehingga kampus satu dengan kampus lainya cenderung berbeda skema penyusunannya. Oleh karena itulah banyak yang mencari contoh proposal skripsi yang baik.

Contoh Proposal Skripsi

contoh proposal skripsi
pixabay.com

Belajar membuat skripsi ataupun proposal skripsi harus sudah dibiasakan sejak semester awal ketika kamu baru menyandang status mahasiswa. Kemudian, tumpukan referensi di perpustakaan bahkan di gudangnya sekalipun hendaknya kamu bisa membiasakan diri membaca contoh proposal skripsi. Kebiasaan semacam ini  juga sangat membantu sehingga pada saat semester akhir kamu tidak akan kelabakan dalam menyusun laporan tersebut.Kalau sudah kelewat gimana? Yasudah, kamu harus siap dengan segala tuntutan yang ada. Keep fight!


Proposal skripsi tentunya berbeda dengan skripsi itu sendiri, proposal skripsi  baru tahap  pengajuan, dalam sistematika penulisan proposal skripsi setiap kampus akan berbeda, hal tersebut agar tiap kampus memiliki ciri khas tersendiri dan juga mengantisipasi plagiat.

Apabila kamu sudah  selesai membuat proposal maka akan ada yang namanya seminar proposal, biasanya seminar proposal dihadiri oleh mahasiswa dari angkatanmu sendiri atau yang sedang mengambil matakuliah sejenis serta dosen penguji. Jika proposalmu  diterima maka akan lanjut ke tahap penelitian, kalau gagal gimana? Itu urusan belakangan, kamu pede aja dulu, badai pasti berlalu. Mereka yang sekarang sudah lulus masa lalunya ngga beda jauh dengan kamu yang sekarang.

Menurut bentuknya proposal skripsi terbagi menjadi dua bagian diantaranya proposal skripsi awal dan proposal skripsi penuh, berikut ulasannya:

  1. Proposal skripsi awal

Proposal skripsi awal merupakan bentuk proposal yang terdiri dari tiga bab skripsi menjadi satu bab, bentuk model proposal seperti ini adalah langkah awal, sebaiknya cari referensi paling otoritatif untuk ini. Dan pasti kamu harsu memetakan  lamanya waktu penulisan skripsi, karena setelah setelah kamu mengajukan proposal penelitian, maka kamu harus mengerjakan bab-bab pada skripsi secara terpisah.

2.  Proposal skripsi penuh

Proposal skripsi penuh adalah bentuk proposal skripsi dengan susunan dalam bentuk bab, dengan sistematika penulisannya pun dari bab 1, bab 2, bab 3 dan daftar pustaka.

Namun ada juga kampus yang menerapkan sampai bab 4, keuntungan penulisan proposal skripsi penuh yaitu penyusunan skripsi semakin singkat, karena bab yang ada pada proposal skripsi tersebut nantinya dijadikan sebagai bab skripsi itu sendiri.

Tetapi setiap bab skripsi tersebut akan banyak perubahan dan revisi sesuai peneliatian yang dilakukan. Dan kelemahannya dari bentuk proposal ini, yaitu jika uji proposal gagal maka mahasiswa harus mengajukan dengan proposal yang lain, dan mengikuti seminar susulan.

Mekanisme dan Contoh Penulisan Proposal Skripsi

Contoh Tulisan Proposal Skripsi

contoh proposal skripsi

Sistematika penulisan proposal skripsi setiap kampus berbeda-beda, dibawah ini adalah sistematika yang sering digunakan oleh berbagai kampus:

SAMPUL

LEMBAR JUDUL

LEMBAR PENGESAHAN

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

DAFTAR TABEL

DAFTAR GAMBAR

DAFTAR LAMPIRAN

BAB I. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

1.2 Rumusan Masalah

1.3 Batasan Masalah

1.4 Tujuan Penelitian

1.5 Manfaat Penelitian

BAB II. TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Landasan Teori

2.1.1  Tabel

2.1.2 Kerangka Pikir

 

BAB III. METODE PENELITIAN

3.1 Lokasi dan Waktu Penelitian

3.2 Teknik Pengumpulan Data

3.3 Teknik Analisis Data

3.4 Analisis Sistem

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

Penjelasan sistematika proposal skripsi

  1. Sampul

Sampul tentunya menjadi halaman depan yang pertama kali dilihat oleh penguji, cover proposal skripsi berisi judul skripsi, nama penyusun, nomor induk mahasiswa, logo universitas, nama program study, jurusan, nama universitas, dan paling bawah tahun pembuatan.

2. Lembar Judul

Lembar judul yaitu semacam lembaran yang hanya berisi judul skripsi yang diajukan. Biasanya setiap kampus berbeda-beda ada yang pakai ada juga yang tidak pakai,

3. Lembar Pengesahan

Lembar pengesahan merupakan halaman untuk mengesahkan skripsi yang dibuat, biasanya pada ujian proposal lembar pengesahan tetap dibuat, hanya saja tanpa tanda tangan dosen pembimbing. Namun, pengesahan proposal skripsi biasanya hanya berupa acc dari dosen pembimbing utama di halaman cover.

4. Daftar Isi

Daftar isi adalah daftar halaman dari isi proposal skripsi yang dibuat, daftar isi dibuat agar pembaca atau penguji dengan mudah menemukan bagian-bagian dari proposal skripsi.

5. Kata Pengantar

Kata pengantar berfungsi sebagai pendahuluan  dari penulis yang menjelaskan tentang maksud dan tujuan dari penulisan skripsi beserta ucapan terima kasih dari penulis kepada pihak-pihak kampus dan pihak-pihak yang membantu penulis.

6. Daftar Tabel

Daftar tabel merupakan daftar judul-judul tabel yang berada pada proposal skripsi, daftar tabel berfungsi untuk mempermudahkan pembaca dalam mencari tabel yang berkaitan dengan pembahasan.

7. Daftar Gambar

Daftar gambar merupakan daftar-daftar gambar yang berada pada selusuh isi dari proposal, daftar gambar dipakai jika proposal skripsi terdapat gambar jika tidak terdapat gambar sebaiknya jangan sisipkan lembaran daftar gambar.

8. Daftar Lampiran

Daftar lampiran merupakan halaman yang berisi daftar-daftar lampiran seperti lampiran surat penelitian, lampiran berkas, dan lampiran-lampiran yang dibutuhkan dalam penyelesaian skripsi.

  1. BAB 1

 

Bab 1 merupakan bab pendahuluan dari proposal skripsi yang didalamyan berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, serta manfaat penelitian.

2. BAB 2

Bab 2 merupakan bab isi dari proposal, disarankan pada landasan teori jangan terlalu banyak hanya yang dibutuhkan saja untuk proposal.

3. BAB 3

Bab 3 merupakan bab yang berisi metode penelitian seperti lokasi dan waktu penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data dan juga analisis sistem.

4. Daftar Pustaka

Daftar pustaka berisi daftar bahan-bahan referensi atau literature yang telah digunakan untuk penelitian. Referensi tersebut baik diambil dari buku, jurnal, maupun sumber elektronik maka harus disertakan dalam halaman daftar pustaka. Baca panduannya di artikel Cara Menulis Daftar Pustaka.

5. Lampiran

Lampiran merupakan halaman yang berisi scanan atau potokopi lampiran berkas-berkas yang dibutuhkan untuk melengkapi data-data penelitian dalam tugas akhir. Baik berupa surat penelitian ataupun berkas-berkas dari tempat penelitian.

Langkah-langkah Membuat Proposal Skripsi yang Baik dan Benar

contoh proposal skripsi terbaru
pixabay.com

 

Ada beberapa langkah dalam menyusun sebuah laporan skripsi, diantaranya:

  1.  Sebelum membuat proposal penelitian temukan dahulu ide penelitian, apa yang akan di teliti dan menjadi pembahasan dalam skripsi. Usahakan dalam pencarian ide penelitian, kamu tinggal cari masalah apa yang ada di jurusanmu, dari situ kamu akan temukan idemu.
  2.  Untuk mendukung penelitian nantinya, baca referensi sebanyak mungkin entah itu jurnal, buku, sampai disertasi,. Ngga ada ruginya lagi kamu banyak baca dan menghabiskan waktumu di perpustakaan, toh tidak setiap hari. . Bahan-bahan referensi bisa berupa buku, jurnal, maupun media elektronik, usahakan literature yang Anda cari sesuai atau berhubungan dengan penelitian yang akan diajukan nanti.
  3. Tentukan terlebih dahulu rumusan masalah berupa latar belakang masalah , ini nantinya akan menjadi latar belakang masalah dan rumusan masalah pada BAB 1 pendahuluan.
  4. Buatlah tahapan-tahapan penelitian dengan menggunakan diagram alir.
  5. Setelah usai proses penyusunan tahapan penelitian, setelah itu menyusun metode penelitian untuk memecahkan rumusan masalah yang telah dibuat beserta batasannya.
  6. Jika rumusan masalan dan metode penelitian berhasil dibuat, maka buat pula judul skripsi yang akan diajukan. Judul skripsi harus sesuai dengan permasalahan diteliti, disarankan dalam membuat judul jangan terlalu luas dan juga jangan terlalu sempit. hal tersebut agar nantinya judul tidak menjadi penghambat penyusunan skripsi Anda.
  7. Setelah memecahkan rumusan masalah dan menghasilkan judul, susunlah BAB 1 dengan benar mulai dari latar belakang sampai tujuan penelitian. Selanjutnya, pembuatan tinjauan pustaka. Dalam tinjauan pustaka masukan teori-teori yang mendukung penelitian, dan nantinya sumber-sumber teori tersebut dimasukan kedalam daftar pustaka.
  8. Berikutnya tinggal melengkapi bab yang telah dibuat. Agar proses pembuatan proposal skripsi sesuai yang diharapkan usahakan untuk selalu berdiskusi dengan dosen pembimbing, guna kelancaran skripsimu, suka tidak suka inilah dinamika yang harus kamu jalani. Kelak semua akan terbayar pasca kamu mengenakan toga.

Kumpulan Contoh Proposal Skripsi

contoh proposal skripsi
pixabay.com

Sebenarnya contoh skripsi bisa kamu dapatkan dengan mudah di berbagai perpustakaan kampus. Biasanya berbagai jenis skripsi tersimpan rapi di tempat tersebut, kamu bisa meminjam untuk dibawa pulang untuk disalin atau fotokopi apabila tidak boleh, kamu bisa akses di sini dan di sini. Intinya, proposal skripsi ngga mungkin tebal, jadi santai saja

Suasana Presentasi Proposal Skripsi


 

 

 

Leave a Comment