kisah nabi muhammad

Kisah Nabi Muhammad dan Pengemis Yahudi | Dilengkapi Video dan Makam Beliau (Terharu)

Di sebuah lokasi pasar di Madinah Al Munawarah, hiduplah seorang Yahudi yang buta. Hari demi hari apabila ada orang yang mendekatinya ia selalu bercakap:

“Wahai saudaraku, janganlah engkau  dekati Muhammad, dia itu orang gila, dia itu pembohong, dia juga tukang sihir.  Apabila kalian mendekatinya, maka kalian akan ketularan gila.”

Kalau mendapati orang semacam ini dan yang dihina itu kita mau diapakan? Hmm, yang pasti apa yang terbayang di angan kita jauh berbeda dengan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. Kisah Nabi Muhammad begitu renyah, kisah satu ini akan memberikan kita sudut pandang betapa garam tidak terasa ketika dilempar ke sumber air yang begitu luas, tapi kalau garam dilempar ke dalam segelas air pasti terasa asin bukan? Begitupun hati kita, seluas sumber air atau sesempit gelas?

Kisah Nabi Muhammad

kisah nabi muhammad
smartmoslem.com

Hampir setiap pagi, Rasulullah SAW mendatangi pengemis tadi dengan membawa makanan, dan menyuapinya, ya Rasulullah SAW menyuapi pengemis itu dengan makanan yang dibawa beliau sendiri walaupun pengemis itu selalu berpesan pada warga sekitar supaya tidak mendekati orang yang bernama Muhammad.

Rasulullah SAW melakukan hal itu sampai menjelang wafat. Setelah Rasulullah wafat, tak ada lagi orang yang membawakan makanan untuk orang Yahudi yang buta itu.

Nabi Muhammad

nabi muhammad
pixabay.com

Suatu waktu Abu Bakar ra berkunjung ke rumah anaknya (Aisyah). Beliau bertanya kepada Aisyah: “Anakku, adakah sunnah Rasul yang belum aku kerjakan?” . Aisyah menjawab: “Wahai Ayah, engkau sudah menjalankan sunnah. Hampir tidak ada satu sunnah pun yang belum ayah lakukan kecuali satu sunnah saja“, ucap Aisyah.

“Apakah itu?” Tanya Abu Bakar.

“Setiap pagi, Rasulullah SAW berangkat ke pasar sembari  makanan untuk seorang pengemis Yahudi buta yang ada di sana“, jawab Aisyah.

Kisah Nabi

cerita nabi muhammad
ilmuislami.com

Keesokan harinya, Abu Bakar pergi ke pasar untuk melaksanakan apa yang sudah dilakukan Rasulullah SAW sebelumnya .

Ketika Abu Bakar mulai menyuapinya, tiba-tiba pengemis itu marah sambil berteriak, “Siapa engkau?”

Abu Bakar menjawab, “Aku orang yang biasa menyuapimu“.

“Bukan…!!! Engkau bukan orang yang biasa menyuapiku.” Timpal pengemis buta itu.

Lalu pengemis itu melanjutkan bicaranya, “. Orang yang biasa menyuapiku terlebih dahulu dihaluskannya makanan itu, baru setelah itu ia berikan makanan itu kepadaku, sehingga aku tidak sukar  menelannya”

Mendengar jawaban orang buta itu, Abu Bakar ra menangis sambil berkata: “Aku memang bukan yang biasa datang kepadamu. Aku adalah salah seorang dari sahabatnya. Orang yang mulia itu telah tiada. Orang yang biasa menyuapimu dengan kelemah-lembutannya itu bernama Muhammad, Rasulullah SAW.”

Cerita Nabi

cerita nabi
asheeqart.com

 

Pasca mendengar cerita Abu Bakar, pengemis itu pun menangis dan kemudian berkata “Benarkah demikian?”, tanya pengemis, kepalanya tertunduk dan air matanya mulai menetes.

“Selama ini aku tiada henti menghina dan memfitnahnya.”

“Ia selalu mendatangiku, sambil menyuapiku dengan cara yang amat sangat lemah lembut lagi santun.”

Pengemis itupun bersyahadat… bersyahadat dihadapan Abu Bakar. Jadilah pengemis itu seorang muslim yang berserah diri kepada Allah SWT. Kisah Nabi Muhammad yang begitu menyantuh, Masya Allah…

Sejarah Nabi Muhammad

Makam Nabi Muhammad

Makam Nabi Muhammad SAW di Masjid Al-Nabawi adalah salah satu tempat yang dihormati umat Islam.

Jutaan orang berziarah di makam nabi setiap tahunnya, terutama di masa musim haji.

esar di dunia. Salah satu keistimewaan masjid yang terletak di Madinah, Arab Saudi ini adalah adanya Raudhah yang merupakan salah satu tempat mustajab untuk berdoa.

Di samping makam Rasulullah, ada makam Abu Bakar Sidiq dan Umar bin Khattab. Saat Masjid Nabawi diperluas, maka rumah Aisyah posisinya berada di dalam kompleks Masjid Nabawi.

Berikutnya, pada masa kepemimpinan  Umar bin Abdul Aziz, dibangun tembok tinggi sekitar 5 meter di sekeliling makam Rasulullah. Tujuannya agar tidak ada yang mengamalkan rituak syirik di sekitar makam.

Makam Rasulullah saat ini juga masih ditutup dan dibatasi dengan pagar tinggi yang berhiaskan kaligrafi berwarna keemasan. Ada penjaga khusus yang disebut Askar yang berjaga di sekitar makam. Tugasnya adalah untuk mengingatkan jamaah yang berbuat hal-hal berlebihan disekitar makam Nabi. Disamping makam Nabi juga ada makam Sahabat Abu Bakar dan Umar.

Demikianlah bahasan seputar kisah Nabi Muhammad SAW yang senantiasa kita harapkan syafaat beliau di akhirat kelak. Dan semoga kita menjadi ummat beliau yang senantiasa menjalankan agama Allah dan menjauhi larangan-Nya serta mengamalkan sunnah Nabi-Nya.

Wallahu a’lam….

 

 

Leave a Comment