makanan pereda flu

10 Makanan dan Minuman Pereda Flu

10 Makanan dan  Minuman Pereda Flu – Semua umat manusia pasti pernah terkena flu.  Banyak faktor mengapa seseorang terserang flu seperti  lemahnya daya tahan tubuh, iklim yang labil, alergi, infeksi virus dan bakteri, atau bahkan kamu sekarang sedang flu? Jangan khawatir, flu ringan biasanya reda dalam singkat, tetapi jika itu disebabkan oleh virus atau bakteri, maka kamu membutuhkan tambahan asupan pereda flu untuk memenuhi segala kebutuhan tubuh agar flu reda.

Bahasan Seputar Flu

makanan pereda flu
pixabay.com

Terkadang kita begitu mudahnya membeli ini dan itu, padahal apa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meredakan flu justru ada di sekitar kita. Berikut adalah berbagai macam makanan dan minuman pereda flu yang bisa membantu kamu untuk meraih kesehatanmu kembali.

Wedang Jahe

minuman pereda flu
pixabay.com

Jahe merupakan salah satu personel bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat. Bahkan banyak pengobatan alami menggunakan jahe, karena mudah dan efisien. Seperti misalnya jika kita membutuhkan obat untuk flu, demam, masalah pencernaan, dan sakit tenggorokan, tak ada salahnya menikmati wedang jahe. Wedang jahe mengurangi masalah flu, hidung tersumbat dan juga sakit tenggorokan. Ahli pengobatan homeopati Joe Greadon mengatakan bila jahe memiliki kandungan Shogaols yang tangguh dalam memerangi virus penyebab flu. Anda bisa minum teh jahe dua kali sehari untuk melawan pilek dan sebagai pereda flu.

Pepaya

ibudanbalita.com

Selain kaya vitamin A, vitamin C , dan anti-oksidan, pepaya diketahui juga mengandung niasin, fosfor, magnesium, zat besi, kalium, kalsium dan seng.  Kandungan dalam pepaya ini dapat membantu Anda untuk meredakan pilek. Pepaya juga bisa mengurangi gejala pilek dan mempengaruhi imunitas. Buah ini juga dapat meredakan demam dan membersihkan kelebihan lendir pada tubuh. Mengkonsumsi bisa dimakan langsung atau diolah menjadi jus.

Susu

pixabay.com

Susu memang terbukti banyak manfaat dan bisa untuk menambah kekebalan tubuh. Susu kaya akan nutrisi dan juga mengandung vitamin D. Kekurangan vitamin D dapat membuat sistem kekebalan tubuh lemah. Susu juga membantu melawan pilek dan mengurangi gejalanya. Dan selain itu anda juga bisa mengkonsumsi susu untuk mencegah flu yang menyerang tubuh. Namun, kalau reaksi yang timbul malah sebaliknya, berarti Anda harus segera berhenti minum susu. Hal ini disebabkan ada sebagian orang setelah meminum susu produksi lendir kian bertambah. lendir yang terlalu banyak bukan hanya menimbulkan ketidaknyamanan, tetapi juga bisa semakin mengganggu kondisi kesehatan. Segera ganti dengan minuman lain yang dapat mencairkan lendir seperti air putih hangat. Dan perlu diingat bahwasanya kejadian semacam ini tidak menimpa semua orang.

Pisang

pixabay.com

Buah pisang bukan hanya mudah didapat, buah ini terbukti ampuh untuk mencegah berbagai penyakit dan juga bisa menambah kekebalan tubuh. Nah, tentunya  jika anda ingin bisa lebih sehat lagi tentu anda bisa mengonsumsi buah yang mengandung banyak vitamin dan tepung yaitu pisang. Buah ini  mudah dicerna karena teksturnya yang lembut, sehingga baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Selain itu kandungan kalium yang tinggi pada pisang dapat membantu mengurangi nyeri otot dan kram, dan mengatasi flu.

Sup

masakanlezat.com

Manfaat dalam sup ikan kaya akan asam omega 3. Anda bisa mendapatkannya dengan menyantap salmon, tuna, sarden dan makarel. Ikan juga dapat mengurangi peradangan akibat pilek. Asam omega 3 yang hadir dalam ikan dapat mencegah dari pilek dan juga mengurangi gejalanya.

Bahan-bahan

4 porsi

2 buah jagung

4 buah wortel

8 buah bawang putih

6 buah bawang merah

1/2 sdt merica butir

Langkah

bentar kok

  • Sisir dua buah jagung dengan pisau
  • Potong wortel sesuai selera
  • Rebus jagung hingga mendidih dalam air rebusan
  • Setelah rebusan jagung mendidih masukkan wortel
  • Uleg bawang merah, bawang putih, dan merica (bisa merica butir atau bubuk) Setelah wortel hampir matang, masukkan yang bumbu sudah diuleg. Lalu takar garamnya, boleh ditambah gula sedikit.
  • Aduk sampai mendidih, makan selagi hangat, agar hasil lebih mantap bisa ditambahkan daun bawang, kentang, dan kol.

Bawang Putih

hellosehat.comp

Bawang putih kaya akan allicin yang merupakan sumber antioksidan. Kalaupun dikonsumi rutin setiap hari, baik dalam bentuk mentah atau sebagai bumbu masak hal itu akan sangat efektif mencegah flu.  Kalaupun sudah terjangkiti  oleh flu, tidak perlu khawatir. Dilansir dari laman Prevention, The Journal of Nutrition memuat hasil uji klinis manfaat bawang putih untuk meredakan flu. Hanya dalam waktu tiga jam,  uji klinis menunjukkan hasil yang signifikan pada tubuh partisipan dibanding meminum obat-obat yang ada di apotek.p

Teh Hijau

pixabay.com

Beberapa waktu silam, peneliti Jepang Hiroshi Yamada, MD, Ph.D mendapati dua zat utama dalam teh hijau yang mampu menjaga tubuh dari ancaman flu yakni catechin dan  theanine. Keduanya merupakan antioksidan yang sangat berguna untuk melawan penyakit.  Yamada menyatakan bahwa minum 2 cangkir teh hijau setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit ini hingga 70%. Dua zat utama katekin dan theanine tersebut merupakan antioksidan yang baik untuk mengatasi flu. Berdasarkan penelitian tersebut, teh hijau bisa melindungi tubuh dari flu dengan dua cara. Pertama, dengan menekan perkembangan sel flunya, dan yang ke dua adalah dengan cara mematikan langsung sel flunya. Teh hijau efektif untuk melindungi tubuh dari tekanan akibat virus flu yang menyerang.

Yogurt

pixabay.com

Mengonsumsi  yogurt  sangat efektif untuk mencegah virus flu. Ini dikarenakan yogurt  sebagai pemilik bakteri baik yang disebut lactobacillus reuteri yang berfungsi menghadang perkembangbiakan virus flu. Manfaat yogurt ini dapat mencegah Anda dari segala jenis pilek yang biasanya menyerang orang dengan daya tahan tubuh lemah. Di sinilah peran yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah pilek.

Yogurt mengandung probiotik, atau bakteri baik yang dapat membantu mencegah flu dan infeksi saluran pernafasan. Buat kamu yang mengonsumsi probiotik lebih dari satu minggu, potensi terkena flu relatif lebih kecil..Selain itu, para ilmuwan menyatakan bahwa yogurt juga dapat meningkatkanimunitas, sehingga tidak gampang terkena serangan virus flu.

Probiotik sendiri memiliki manfaat istimewa, yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta memperkuat integritas dinding usus dan meningkatkan fagosit (berfungsi menelan dan menyerap bakteri dan partikel asing.)p

Air Putih

pixabay.comp

Minum air putih yang cukup dapat mengurangi keresahan Anda dari penyakit ini. Minum air yang cukup dapat mengatasi hidung tersumbat saat flu. Air menjadi pilihan yang jauh lebih baik daripada minuman berkafein yang memiliki efek diuretik dan dapat menyebabkan tubuh dehidrasi lebih cepat. Karena memang harus diupayakan 70% dari tubuh kita harus dialiri air dan terhidrasi secara optimal.

Air Garam

pixabay.com

Manfaat air garam salah satunya dapat menjadi penawar saat terkena pilek karena cuaca. Efek dehidrasi dari garam dapat mengeluarkan cairan berlebih yang dapat mematikan kuman.

Saat merasa tenggorokan tidak enak atau berdahak, buatlah larutan garam dengan air hangat, dan kumur tiga kali sehari. Rasanya memang tidak terlalu enak, tapi efeknya cepat dan sangat membantu meredakan gejala pilek. Semoga membantu dan lekas sembuh ya. 😀 😀

Leave a Comment