perang salib

Respon Ilmiah dan Estetis Seputar Perang Salib

Perang Salib – Masih ingat film Kingdom of Heaven? Sebuah tontonan layar lebar yang disutradarai Ridley Scott dan dirilis tahun 2005, banyak yang menilai masterpiece satu ini merupakan film tentang Perang Salib yang diapresiasi karena cukup objektif  menggambarkan apa yang terjadi dibandingkan film-film yang telah dibuat sebelumnya. Karena begitu banyak versi menyoal perang salib apabila diangkat ke layar lebar. Seperti perang salib adalah perang agama, perang antara Vatikan dan Turki Ottoman serta banyak lagi interpretasi yang hangat dibicarakan tentang perang salib.

Agama Islam

perang salib
aljazeera.comp

Walaupun untuk beberapa interpretasi cerita masih terjadi perdebatan terutama tentang detail. Namun seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwasanya Aljazeera merilis film dokumenter secara bersambung tentang Perang Salib. Film ini mengadirkan berbagai tampilan dan ulasan dari para pakar sejarah dari Timur maupun Barat. Film ini diberi judul The Crusades: An Arabic Perspective. Kedalaman analisanya lebih memberikan nuansa objectivitas dalam membangun kerangka berpikir  secara historis dan komprehensif.

Kisah Nabi

Dasar pembuatan film ini merupakan terusan dari aspek historis yakni perang salib. Perang salib adalah sekuel gesekan militer kisaran dari tahun 1096 sampai 1487 yang disahkan oleh beberapa Paus. Dalam terjemahan bahasa Inggris biasa disebut Crusade, jamak: Crusades. Dlam Kisah para Nabi, Islam sudah hadir di tengah kaum yang majemuk. Artinya kerukunan umat beragama begitu kentara dalam cerita Nabi. Hanya saja ada pihak yang tidak suka melihat stabilitas kerukunan sedemikian sehingga berbuat makar.

Perang Salib Versi Kristen

perang salib 2
pixabay

Pada tahun 1095 Kaisar Bizantium Alexius I Komnenus mengirimkan seorang utusan kepada Paus Urbanus II untuk meminta dukungan militer dalam konflik Kekaisaran Romawi Timur dengan bangsa Turk yang melakukan migrasi ke arah barat di Anatolia (sekarang Turki).

Salah satu tujuan yang dinyatakan oleh Paus Urbanus adalah menjamin akses para peziarah ke tempat-tempat suci di Tanah Suci yang berada di bawah kendali penguasa Muslim, sementara strateginya yang lebih luas yaitu menyatukan kembali cabang-cabang Timur dan Barat dari dunia Kekristenan setelah perpisahan mereka pada tahun 1054, serta menetapkan diri sebagai kepala Gereja yang dipersatukan. Hal ini mengawali suatu perjuangan yang kompleks selama kisaran 200 tahun di wilayah tersebut.

Perang Salib Versi Islam

perang salib terakhir
pixabay.com

Sejarah perseteruan Islam dan Kristen entah dalam dimensi teologis-ideologis-politik– selalu menarik dikaji. Terutama setelah tenggelamnya Perang Dingin antara Amerika dengan Rusia serta pasca tesis Huntington, ‘The Clash of Civilization’ (benturan peradaban). Perang Salib.

Gelombang pertama pasukan Salib adalah rintisan dari rangkaian gerakan penyerangan yang akan mengguncang kaum Muslimin selama dua abad ke depan, dan akan menjadi dendam sejarah bagi umat Kristen yang apinya tidak pernah padam sampai sekarang. Demikianlah yang  dinamakan Crusade!

Oh iya, masih banyak media ilmiah yang bisa ditelaah lebih jauh. Selamat berburu!

 

 

Leave a Comment