Sepatu Roda, Sejarah dan Hal Lainnya

Sepatu Roda – Siapa sih yang nggak jelas sepatu roda? Hem, barangkali olahraga ini sebenarnya jarang ditemukan di tempat-tempat umum. Tapi nggak dapat dipungkiri lagi, banyak kota besar yang memiliki daerah spesifik untuk olahraga ini. Tahu nggak sih siapa yang pertama kali menyebabkan sepatu roda bisa menyebar di dunia? Nah, dalam artikel ini bakal banyak info perihal bagaimana awalnya sepatu roda muncul di dunia sampai jadi tenar sampai sekarang

Sepatu Roda

sepatu roda
elevenia.co.id

Olahraga ini merupakan sebuah alat yang dipasang di kaki yang memiliki dua sampai empat roda sebagai alas. Pemain sepatu roda biasanya mengayunkan kaki secara teratur untuk meningkatkan kecepatan dikala bergerak. Pemain biasanya berhenti bergerak bersama dengan cara mengerem atau hanya menanti sampai roda berhenti sendiri.

Sepatu Roda Karet

sepatu roda
elevenia.co.id

Pertama kali dipatenkan di Belgia pada th. 1760 oleh seorang penemu bernama John Joseph Merlin. Sepatu roda yang dia buat nggak jauh beda bersama dengan ice skate, ditambah bersama dengan roda yang berbaris seperti blade pada ice skate pada umumnya. Kalo saat ini sih olahraga ini bersama dengan model itu diberi nama sepatu roda inline. Sayangnya, sepatu ini susah untuk dikendalikan. Terlebih lagi, barang ini nggak memiliki rem agar nggak dapat berhenti dikala digerakkan.

Sejarah Sepatu Roda

sepatu roda
tokoasemka.blogspot.com

Pada th. 1863, James Plimpton menyebabkan penemuan teranyar di bidang  ini. Dia menemukan metode teranyar sepatu roda bersama dengan empat roda yang disusun menyerupai letak roda pada mobil. Keunggulan sepatu roda punya James adalah sepatu roda ini ditambah bersama dengan sumbu yang dapat memudahkan seseorang mengendalikan gerakannya. Desainnya ini menyebabkan sepatu roda makin lama dikenal lebih-lebih ke seluruh penjuru Eropa. Hingga waktu ini, desain punya Plimpton ini tetap digunakan sampai sekarang.

Hingga pada th. 1942, dibentuklah organisasi  bertaraf internasional yang bernama Federation De Roller Skating. Setelah dibentuknya organisasi tersebut, mulai banyak persaingan sepatu roda yang lebih-lebih bertaraf internasional. Sayangnya, sampai saat ini sepatu roda belum masuk ke didalam gelaran Olimpiade. Meski begitu, sepatu roda tetap sempat masuk ke didalam gelaran Olimpiade Musim Panas 2012 lalu.

Perkembangan Sepatu Roda di Indonesia

sepatu roda
elevenia.co.id

Sepatu roda sendiri masuk ke Indonesia kurang lebih th. 1960-an. Pada waktu itu, anak muda di Jakarta, Bandung, dan Surabaya mulai menggemari sepatu roda dan jadi lifestyle sampai waktu ini. Pada th. 1979 dibentuklah Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (PERSOSI). Setelah terbentuknya wadah sepatu roda yakni PERSOSI, pertumbuhannya di Indonesia terlampau pesat dan menyeluruh di tiap tiap kota-kota besar Indonesia.

Nah, itu tadi histori singkat perihal olahraga ini yang wajib kamu ketahui. Dengan penjelasan histori sepatu roda di atas, semoga kamu dapat lebih mencintai segala macam bentuk olahraga. Gimana? Masih ragu buat main sepatu roda??

Leave a Comment