vatikan

Vatikan, Poros Negara Agama di Tubuh PBB

Meski tidak sedikit orang memperselisihkan status Vatikan di Perserikatan Bangsa-Bangsa dengan asumsi bila Vatikan adalah lembaga tertinggi agama dan bukan negara politik. Realita sekarang ini, Vatikan merupakan pengamat tetap, atau negara nonanggota, dalam organisasi PBB. Vatikan sudah menyandang status politik ini medio tahun 1964.

Anggota PBB

vatikan roma
pixabay.com

Kedaulatan sering diartikan sebagai kekuasaan tertinggi, merupakan kekuasaan penuh dan tertinggi dalam suatu negara untuk mengatur seluruh wilayahnya tanpa campur tangan dari pemerintah Negara lain. Nah, apa yang terjadi  merupakan manifestasi dari bentuk negara Teokrasi.

Pada negara Teokrasi yang berdaulat, identik dengan yang namanya pemusatan kekuasaan  pada tokoh spiritual yang sekaligus sebagai Kepala Negara. Dalam Negara Teokrasi, Kepala Negara yang sekaligus tokoh spiritual, biasanya dianggap sebagai keturunan Dewa, manusia setengah Tuhan, dan manusia pilihan Tuhan, bahkan juga dianggap sebagai reinkarnasi dari orang suci.

Negara Teokrasi ini populer pada abad pertengahan dan sebelumnya. Salah satu contoh negara teokrasi pada masa sebelum masehi adalah Negara Mesir Kuno. Mesir Kuno, dipimpin oleh kepala negara yang diberi gelar Fir’aun. Dalam hal ini, Fir’aun dianggap jelmaan Dewa oleh rakyatnya. Sehingga apa yang diucapkan Fir’aun diakui sebagai hukum oleh rakyat.

Berbicara  mengenai  Vatikan,  tentu  saja  kita  akan  mengenal  negara  itu sebagai pusat agama Katolik Roma yang dipimpin oleh Paus. Kedudukan Vatikan tidak dapat dipisahkan dari proses unifikasi Italia yang berakhir pada tahun 1870 dengan didudukinya Roma sekaligus menjadikannya sebagai Ibukota Kerajaan Italia. Dan yang pasti, Vatikan bukan hanya sekadar negara agam yang menjadi anggota negara di kawasan Eropa melainkan juga negara anggota PBB.

Negara Terkecil di Dunia

vatikan
pixabay.com

Anggapan sebagian besar masyarakat mengenai kedudukan Vatikan sekarang ini berbanding terbalik dengan apa yang orang dan penulis pikirkan pada awalnya, karena Vatikan merupakan negara yang berdaulat selama 1000 tahun  lalu yang kita kenal dengan nama Negara Kepausan.

Akan tetapi, yang menjadi tonggak diakuinya negara Vatikan seutuhnya di mana negara dapat menjalankan kehidupan duniawi dan spiritual secara beriringan justru terjadi setelah penandatangann Perjanjian Lateran dan Konkordat di tahun 1929.

Corak pemerintahan teokrasi  sekaligus sebagai final decision bila negara yang berada di Ibukota Italia ini tidak pernah tersentuh pada sistem demokrasi. Tentu hal ini berkebalikan dengan banyak negara-begara lain yang ‘tergelitik’ untuk menerapkan demokrasi.

Pemegang kekuasaan tertinggi berada di tangan Paus, bukan pada kitab suci atau wahyu yang berasal dari Tuhan. Paus sendiri merupakan representasi dari Tuhan (Yesus) di muka bumi yang mempunyai sebutan The Holy Father atau Bapa Suci dan mempunyai status istimewa Paus yang bermakna  terjaga dari dosa, “Pope Do Not Wrong”.

Penasaran dengan: Contoh Proposal Skripsi Lengkap

Militer

vatikan katolik
pixabay.com

Apabila diintip secara lebih detail berbagai peristiwa yang melatarbelakangi Garda Swiss ini memiliki sejarah lumayan panjang. Pada tanggal 22 Januari 1506 menjadi tahap awal perjalanan pasukan pengawal bayaran Swiss yang tiba di kota Vatikan.

Tibanya mereka memiliki misi untuk memenuhi kemauauam Paus Julius III yang menyewa mereka dengan tujuan untuk menjaga keamanan Kota Vatikan disamping melindungi Paus sendiri dari pergolakan yang terjadi di semenanjung Italia.

Lantaran Italia sendiri pada abad ke 16 terbagi menjadi beberapa wilayah yang pada saat itu di bawah kendali kerajaan-kerajaan kecil termasuk Vatikan. Garda Swiss menjadi bagian  semenjak tanggal 22 Januari 1506 yang diresmikan oleh Paus Julius II sebagai pengawal tetap kepausan. Pada masa silam, para Paus memilih untuk memakai tentara bayaran, dan yang paling sering disewa adalah tentara dari Swiss.

Kala Garda Swiss membuka penerimaan anggota baru, harus berdasarkan persetujuan khusus antara Vatikan dan Negara Swiss. Lantaran hanya diperuntukkan bagi warga negara Swiss laki-laki yang beragama Katolik. Poros Garda Palatine dan Garda Kemuliaaan dibubarkan oleh Paus Paulus VI di tahun 1970.

Garda Palatine didirikan sebagai kekuatan bersenjata untuk membela negara-negara yang tunduk pada Paus. Vatikan juga pemilik dari Corpo Della Gendarmeria yang mendapat mandat selaku satuan kepolisian. Gendarmeria bertanggung jawab atas segala kestabilan publik, penegakan hukum, pengendalian massa dan lalu-lintas, serta penyelidikan kriminal.

Agaknya sudah banyak yang mengetahui jika realitanya negara terkecil ini bukan hanya sebuah kota suci layaknya Mekkah apabila di agama Islam. Jika ditelaah secara lebih komprehensif, Vatikan merupakan bagian dari anggota PBB dan tentunya berstatus sebagai negara berdaulat di mata dunia.

Kunjungi: Jual Garam Himalaya

Subjek Hukum Internasional

vatikan agama katolik
spektanews.com

Vatikan adalah sebuah negara yang berada di dalam kota Roma, Italia. Mungkin lebih tepatnya sebuah negara dalam negara. Negara ini menjadi negara paling mungil di dunia, dengan luas wilayah kurang dari 1 km², atau hanya 0,44 km².

Negara yang merdeka dan berdaulat seperti layaknya negara-negara besar lainnya. Dan tergabung dalam anggota PBB. Vatikan dikepalai oleh pucuk kekuasaan negara tertinggi yang disebut Paus.

Kedaulatan (Sovereignty) merupakan rujukan dari konsep dimana filsafat politik dan hukum kenegaraan didapuk sebagai objek. Di dalam kedulatan ada beragam konsepsi dengan ide kekuasaan tertinggi yang dikaitkan dengan negara (state).

Teori Kedaulatan Tuhan menyatakan bahwa Tuhan merupakan sumber tinggi dari segala kebijakan rakyat. Yang dijalankan oleh penguasa atau raja. Matriks ini bertumbuh pada zaman pertengahan (abad ke-5 – abad ke-15).

Paham keabsolutan Tuhan menganggap bahwa pemerintah/ negara memperoleh kekuasaan yang tertinggi dari Tuhan. Dunia beserta segala isinya adalah hasil ciptaan Tuhan. Kedaulatan Tuhan melahirkan sebuah negara, hal ini berdasarkan pada teokrasi (Theocratische Theorien, theos: tuhan; kratein: memerintah).

Kunjungi: Jual Rumput Sintetis

Dibalik Terpilihnya Pimpinan Vatikan

vatikan itu dimana
pinterest.com

Tugas dan fungsi kepala negara dipilih untuk jangka waktu seumur hidup oleh Dewan Kardinal. Personel Kardinal yang memiliki wewenang dalam  memilih dibatasi hanya yang berumur di bawah 80 tahun. Proses hingga terpilihnya  kepala negara/Paus baru dilakukan jika Paus sebelumnya telah meninggal.

Respon tanggap pasca meninggalnya Paus dengan fungsi dewan Kardinal yang  berkumpul dalam ritual pemilihan Paus baru yang disebut Konklaf. Agenda pemilihan Paus melalui voting yang dilaksanakan dalam ruang tertutup di Kapel Sistina. Pintu ruang dikunci dari luar dan para Kardinal di dalam terputus segala komunikasi dari luar bahkan tanpa listrik sedikitpun. Grendel akan dibuka pasca ada sinyalir kemunculan nama Paus terpilih.

Hubungan Diplomatik

vatikan adalah
pixabay.com

Negara yang Berdaulat dan diakui baik secara de facto maupun de jure sudah barang tentu terlibat aktif dalam menjalin hubungan dengan negara lain. Vatikan juga mempunyai demikian, negara kota tersebut punya otoritas mengirim dan menerima diplomat.

Kantor kedutaan besar negara-negara  berkedudukan  di kota Roma-Italia karena tidak ada tempat di Vatikan. Sederhananya, ada masa dimana keadaan cenderung tumpang tindih. Seperti halnya Italia mempunyai perwakilan di wilayahnya sendiri. Indonesia juga memiliki perwakilan di Roma untuk Vatikan.

Mekanisme Pemerintahan

vatikan ada di mana
pixabay.com

Kardinal dipilih langsung oleh Paus sebagai pembantu dan sebagai dewan penasihat Paus. Pemimpin Kementerian diserahkan pada kardinal, adapun yang bertempat  tinggal  di  luar dan memimpin sebuah Keuskupan Agung atau setingkat gubernur yang memimpin provinsi dalam struktur pemerintahan. Keuskupan Agung membawahkan beberapa keuskupan di bawahnya.

Jadi, Vatikan memiliki komponen keuskupan yang tersebar di seluruh dunia. Kelak mereka  ini didapuk sebagai Uskup yakni pemimpin dari sebuah Gereja Katedral. Berdasar pada aturan Gereja, Kardinal itu bukan  jabatan  atau  pangkat  di atas  Uskup.  Oleh karenanya, boleh  seorang  Pastor  biasa diangkat menjadi Kardinal.

Kerabat  dan Kewarganegaraan

vatikan airline
panoramio.com

Semua masyarakat pemeluk Katolik dunia adalah warga negara Vatikan yang terikat regulasi Vatikan melalui gereja-gereja Katolik. Bukti tertulis dari kewarganegaraan ini adalah surat baptis yang dinisbatkan kepada setiap penganut Katolik.

Maka sejatinyanya umat Katolik memiliki kewarganegaraan ganda, Kewarganegaraan Vatikan dan negara yang sedang ditinggali. Informasi semacam ini yang terkadang tidak disadari oleh corong opini arus utama.

Negara Teokrasi Katolik

Politik Islam
shomreitorah.com

Pada saat ini, cuma ada satu Negara Teokrasi Katolik, yakni Vatikan. Tentu adanya perbedaan ini terkadang dipersepsikan sebagai kehadiran “lawan.” Namun, negara Teokrasi ini memang banyak mendapat kritikan dari para Filosof, di antara mereka ada yang menghendaki pemisahan Gereja dari pemerintahan (embrio Sekularisme) bahkan ada yang menolak agama sama sekali (embrio Komunisme).

Kemudian perlahan namun pasti, satu per satu negara Eropa mulai berpindah haluan, yang tadinya Negara Teokrasi Katolik malah menjadi negara Sekuler. Gelombang ideologi macam Sekulerisme dan Komunisme masih eksis sampai sekarang. Sekaligus sebagai pemantik mengapa sebagian negara di PBB begitu getol menyingkirkan Vatikan dari percaturan politik Internasional.

Demikian bahasan seputar Negara  Vatikan yang semoga membuka cakrawala dan menambah khazanah pengetahuan kita.

1 thought on “Vatikan, Poros Negara Agama di Tubuh PBB

Leave a Comment