nabi muhammad

Buat Kamu yang Punya Impian, Yuk Amalkan Sholat Hajat!

Sholat Hajat – Sholat hajat adalah shalat sunnah yang dilakukan seorang muslim saat memiliki hajat tertentu dan ingin dikabulkan Allah. Baik itu sholat hajat khusus jodoh, rejeki, maupun shalat hajat khusu lainnya yang hendaknya dilaksanakan berdasarkan kaidah cara shalat hajat dilakukan antara 2 hingga 12 raka’at dengan salam di setiap 2 rakaat. Melaksanakan sholat hajat menjadi jawaban di tengah dinamika kehidupan umat manusia yang senantiasa diiringi perasaan ingin memiliki.

Hal ini diwujudkan dengan hadirnya harapan-harapan dan hasrat tertentu untuk memenuhi berbagai bentuk kebutuhan dan keinginan, bahkan bisa dikatakan keinginan tersebut selalu ada dan cenderung tak terbatas. Ini sesuai dengan tabiat manusia yang tiada pernah puas menuntut untuk pemenuhan hawa nafsunya. Dan iman punya kuasa untuk mengendalikan nafsu.

Penasaran Dengan: Doa Sholat Dhuha

Tata Cara Sholat Hajat

sholat hajat khusus
madinatuliman.com

Bagi seorang mukmin, segala kebutuhan, cita-cita, obsesi, dan keinginan tidak serta merta selalu diusahakan melalui dimensi praktis belaka. Lebih dari itu, ia seyogyannya terlebih dahulu bersimpuh sembari mengadukannya kepada Allah SWT, sebab Dia adalah Dzat Yang Maha Kaya, Maha tahu yang memiliki langit, bumi, dan seluruh alam semesta.

Dia juga adalah Dzat yang tidak pelit dalam memberi kepada yang meminta kepada-Nya. Oleh karena itu, Nabi Muhammad saw setiap kali menghadapi kesulitan selalu mengadukannya kepada Allah SWT dalam shalatnya. Mengadu dan memohon kepada Rabb yang tidak pernah sekali pun berada dalam lemah, kantuk, dan miskin.

Karena sejatinya shalat merupakan pengakuan akan ketidakberdayaan, juga sebagai jalan keluar bagi mereka yang memiliki kesulitan dan kebutuhan, serta mediator seorang hamba mengadukan segala persoalan hidup yang dihadapinya.

Termaktub dalam Al-Qur`an, Allah SWT berfirman, dan mintalah pertolongan kepada Tuhanmu dengan melaksanakan shalat dan dengan sikap sabar. Shalat itu sungguh berat kecuali bagi mereka yang khusyuk (QS Al-Baqarah: 45).

Hukum Sholat Hajat

sholat hajat
harvester.co

Di dalam riwayat Tirmidzi, Ibnu Majah serta yang lainnya dari hadits Abdullah bin Abi Aufa’, bahwa Nabi SAW,’’Barangsiapa yang mempunyai suatu keperluan kepada Allah atau kepada seseorang dari anak Adam hendaklah dia berwudhu dan membaguskan wudhunya, kemudian melaksanakan shalat dua rakaat kemudian dia memuji Allah danbershalawat atas Nabi kemudian berkata:

لا إله إلا الله الحليم الكريم سبحان الله رب العرش العظيم الحمد لله رب العالمين أسألك موجبات رحمتك وعزائم مغفرتك والغنيمة من كل بر والسلامة من كل إثم لا تدع لي ذنبا إلا غفرته ولا هما إلا فرجته ولا حاجة هي لك رضا إلا قضيتها يا أرحم الراحمين.

Adapun pada riwayat Ibnu Majah terdapat tambahan,”Kemudian dia meminta kepada Allah tentang urusan dunia dan akhirat sekehendaknya maka sesungguhnya ia akan ditetapkan.”

Para ulama menamakannya dengan sholat hajat. Pada tataran praktik bagaimana cara sholat hajat menurut para ulama ada perbedaan pendapat dalam mengamalkan hadits ini dikarenakan wujudnya perbedaan di antara mereka tentang status atau keshahihan hadits tersebut.

Sebagian ulama berpendapat jika hadits tersebut tidak boleh diamalkan karena derajatnya tidak kokoh. Karena di dalam sanadnya terdapat Faid bin Abdurahman al Kufiy yang meriwayatkan dari Abdullah bin Abi Aufa’, dan ia termasuk orang yang ditinggalkan haditsnya dikalangan mereka.

Sementara sebagian ulama lainnya berpendapat bahwa hadits tersebut dapat diamalkan karena dua hal :

Karena hadits tersebut memiliki banyak jalan dan bukti yang saling menguatkan, sementara Faid bin Abdurahman al Kufi menurut mereka adalah orang yang haditsnya dapat diriwayatkan. Hadits ini termsuk di dalam keutamaan amal (fadha’il a’mal) , sedangkan keutamaan amal dapat dengan menggunakan hadits yang dhaif (lemah) jika selama dibawah asas yang teguh dan tidak bertentangan dengan yang lebih shahih.

Shalat Hajat Khusus Rejeki

doa sholat hajat
thayyiba.com

Sholat hajat merupakan shalat sunnah khusus yang dikerjakan oleh mukmin yang mempunyai maksud atau keperluan tertentu dan berharap agar Allah SWT mengabulkannya, misal seperti kelancaran rejeki. Hajat atau keperluan ini ada yang kepada Allah SWT dan ada juga yang mempunyai hajat kepada sesama manusia, atau diklasifikasikan dalam istilah hajat ukhrawi dan duniawi.

Waktu Sholat Hajat

tata cara sholat hajat
ilmuislami.com

Sebagai salah satu sarana paling tepat dalam mengadukan permasalahan yang sedang dihadapi oleh seorang muslim dalam mengarungi kehidupannya. Sholat hajat dapat dilaksanakan  minimal 2 rakaat dan maksimal 12 raka’at beserta salam setiap 2 rakaat. Ibadah ini dapat dilakukan kapan saja asalkan tidak pada waktu-waktu yang dilarang untuk melakukan shalat.

Yang harus dilakukan pertama kali dalam sholat ialah memulai dengan niat terlebih dahulu, dengan lafaz sebagai berikut:

أصلي سنة الحاجة ركعتين لله تعالى

Ushallii sunnatal haajati rak’aataini lillaahi ta’aala

Artinya: “Aku berniat shalat hajat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

waktu sholat hajat
asheeqart.com

Setelah berniat kemudian dilanjutkan dengan takbiratu al-ihram dan membaca iftitah, selanjutnya membaca al-fatihah layaknya sholat-sholat sunnah yang lainnya, setelah al-fatihah membaca salah satu surat di dalam Al-Qur’an. Afdhalnya pada rokaat pertama membaca surat Al-Ikhlas dan rokaat kedua membaca ayat kursi (Surat Al-Baqarah : 255).

Kemudian diikuti dengan gerakan dan bacaan sebagaimana lazimnya sholat sunnat, seperti rukuk, i’tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, setelah rokaat pertama selesai, lakukan rokaat kedua sebagaimana sebelumnya, kemudian duduk tasyahud akhir dan mengucapkan salam. Penasaran dengan jasa rental motor bali.

Doa Shalat Hajat

doa sholat hajat
muslimarket.com

 

Setelah selesai sholat hajat, dianjurkan membaca istighfar 100x, seperti kalimat istighfar yang biasa atau sebagai berikut:

أستغفر الله ربي من كل ذنب وأتوب إليه

Astagfirullaha rabbi min kulli dzanbin wa atuubu ilaiih.

Artinya: “Aku memohon ampunan kepada Tuhanku, dari dosa-dosa, dan aku bertaubat kepada-Mu”

cara sholat hajat
smartmoslem.com

Cara sholat hajat berikutnya yaitu selesai membaca istighfar lalu membaca shalawat nabi 100x, yakni:

اللهم صل وسلم على سيدنا محمد صلاة الرضا، وارض عن أصحابه رضاء الرضا

Allahuma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin shalaatarridhaa wardha ‘an ashaabihir ridhar ridhaa.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah karunia kesejahteraan atas junjungan kami Muhammad, kesejahteraan yang diridhai.”

tata cara sholat hajat
setengahkosong.com

Setelah itu, mengoptimalkan cara sholat hajat dengan memohon kepada Allah apa yang kita inginkan, insya Allah, Allah mengabulkannya. Amin. Di antara doa yang dapat dibaca setelah menunaikan sholat hajat adalah doa di bawah ini:

لا إله إلا الله الحليم الكريم سبحان الله رب العرش العظيم الحمد لله رب العالمين أسألك موجبات رحمتك وعزائم مغفرتك والغنيمة من كل بر والسلامة من كل إثم لا تدع لي ذنبا إلا غفرته ولا هما إلا فرجته ولا حاجة هي لك رضا إلا قضيتها يا أرحم الراحمين.

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya: “Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.”

sholat hajat khusus rejeki
pixabay.com

Demikian risalah singkat mengenai bacaan serta tata cara melakukan Sholat Hajat, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk pembaca semuanya, dan mudah-mudahan setelah melakukan sholat tersebut, apa yang kita munajatkan dapat dikabulkan oleh Allah SWT, amiin ya Robb al-Alamiin.

Sholat Hajat Jodoh


Wallahu a’lam bi al-Showab.

 

Ditahqiq oleh: AL Ustadz Muhammad Rahman, MIRKH.

(Alumni Pascasarjana International Islamic University, Malaysia)

1 thought on “Buat Kamu yang Punya Impian, Yuk Amalkan Sholat Hajat!

Leave a Comment